Sign in

Dasar dan Manfaat Desain Industri

Apa itu desain industri?

Desain industri (atau paten desain) adalah bentuk perlindungan kekayaan intelektual yang tersedia untuk inovator desain di Kanada, Amerika Serikat, dan yurisdiksi lain di seluruh dunia. Fokusnya adalah melindungi ciri-ciri visual sebuah artikel, yaitu desain, bentuk, pola atau ornamennya.

Misalnya, desain industri dapat melindungi desain atau bentuk asli sepatu. Sebaliknya, perubahan fungsionalitas barang atau bahan yang digunakan untuk membuat barang bukanlah aspek yang memenuhi syarat untuk perlindungan desain industri.

Desain industri berbeda dengan paten, yang bertujuan untuk melindungi peningkatan fungsionalitas. Jika inovasi yang Anda coba dapatkan perlindungannya berakar pada fungsionalitas yang lebih baik daripada tampilan visual, Anda harus mempertimbangkan untuk mengajukan permohonan paten jika Anda yakin bahwa itu memenuhi persyaratan untuk dapat dipatenkan. Demikian pula, desain industri tidak melindungi barang tidak berwujud yang tidak terlihat oleh mata.

Manfaat apa yang diberikan oleh Pendaftaran Desain Industri?

Bagi pemilik bisnis, registrasi desain industri dapat menjadi aset bisnis yang berharga. Keberhasilan suatu produk biasanya dipengaruhi oleh penampilannya; dalam basis konsumen yang digerakkan oleh estetika, penampilan produk yang modis sering kali sama atau lebih penting daripada fungsinya.

Memperoleh hak eksklusif atas produk dengan tampilan tertentu dapat menghasilkan pengembalian investasi yang substansial karena hal itu memungkinkan Anda mencegah orang lain mereproduksi desain populer.

Baca juga : YouTube memberi pembuat lebih banyak kontrol atas sengketa klaim hak cipta

Pendaftaran desain industri memberi Anda hak eksklusif untuk produksi komersial, pemasaran, dan penjualan produk Anda selama sepuluh tahun sejak tanggal pendaftaran atau lima belas tahun sejak tanggal pengajuan, periode manapun yang berakhir kemudian. Ini juga mencegah pesaing Anda mengimpor produk yang meniru atau sangat mirip dengan desain Anda.

Jika ada sengketa desain industri, Anda dapat membawa kasus Anda ke pengadilan dan diberikan ganti rugi atas hilangnya penjualan yang Anda alami sebagai akibat dari pelanggaran pendaftaran desain Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk fokus dalam menetapkan produk berdasarkan desain industri yang unggul tanpa mengkhawatirkan tiruan dari pesaing yang dapat menghasilkan barang dengan harga lebih murah atau yang dapat mengukur produksi mereka lebih cepat.

Baca juga : Perlindungan IP untuk model desain di Italia

Pendaftaran desain industri juga dapat dijual atau dilisensikan kepada orang lain. Jika Anda tidak ingin atau tidak memiliki kemampuan untuk menghasilkan produk yang dilindungi oleh desain industri Anda, Anda mungkin dapat menjual atau melisensikan desain Anda kepada orang lain dan mendapatkan royalti atas penjualannya.

Lebih lanjut, pendaftaran desain industri Anda dapat membantu Anda membangun itikad baik dalam arti merek dagang dalam bentuk dan tampilan tertentu dari artikel tersebut, yang disebut sebagai aturan dalam undang-undang merek dagang. Memiliki reputasi yang memadai dalam pengembangan produk menjadi landasan terpisah untuk mengecualikan orang lain agar tidak menyalin desain Anda.

Periode eksklusivitas yang diberikan oleh pendaftaran desain industri memungkinkan reputasi Anda dalam desain untuk dibangun dan kemudian berpotensi memberikan hak merek dagang yang dapat dilindungi yang dapat diperpanjang tanpa batas jika reputasi yang memadai dalam persiapan dipertahankan.

Baca juga : Bridgestone Memenangkan Semua Gugatan Desain Industri

i write to think

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store